KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN
KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) /
MADRASAH ALIYAH (MA)
Diajukan dalam rangka memenuhi Tugas
individu Mata Kuliah Kurikulum PKn
Oleh :
Nama : Sukmawati Samudra
NPM :
12210055
Kelas : 2A
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
PRODI PENDIDIKAN PANCASILA DAN
KEWARGANEGARAAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2014
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN
KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) / MADRASAH
ALIYAH (MA)
KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati
dan
mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
Kata Kerja:
§ Menghayati => Ranah Kognitif
( Memahami / Remember , C2 )
§ Mengamalkan => Ranah Kognitif
( Mengaplikasikan / Apply , C3 )
|
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran
agama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat. (Ranah Kognitif , C2)
1.2 Menghayati isi dan makna pasal
28e dan 29 ayat (2) UUD 1945.
(Ranah Kognitif , C2)
1.3 Menghargai sikap toleransi
antar umat beragama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara. (Ranah
Afektif , A3)
1.4 Mengharagai kerukunan hidup
antar umat beragama dan kepercayaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
(Ranah Afektif , A3)
|
2.
Menghayati
dan
mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, respontif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
Kata Kerja:
§ Menghayati => Ranah Kognitif
( Memahami / Remember , C2 )
§ Mengamalkan => Ranah Kognitif
( Mengaplikasikan / Apply , C3 )
|
2.1 Menunjukkan
penghayatan terhadap nilai-nilai pancasila
sebagai pandangan hidup dalam kehidupan bemasyarakat dan berbangsa.
(Ranah Psikomotor , P3)
2.2 Menunjukkan
penghayatan terhadap nilai dan norma yang terkandung dalam pasal-pasal UUD
1945 dalam berbagai aspek kehidupan (ipoleksosbudhankam).
(Ranah Psikomotor
, P3)
2.3 Menghargai
nilai dan moral yang terkandung dalam alenia ke-empat Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
(Ranah Afektif ,
A3)
2.4 Menunjukkan
perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara Indonesia.
( Ranah
Psikomotor , P3 )
2.5 Menghargai nilai
dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dalam
kehidupan sehari-hari dalam konteks NKRI Indonesia.
( Ranah Afektif ,
A3 )
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kata Kerja:
§ Memahami => ( Ranah Kognitif , C2
)
§ Menerapkan => ( Ranah Psikomotor
, P2 )
§ Menganalisis => ( Ranah Kognitif ,
C4)
|
3.1
Menganalisis perkembangan kasus-kasus perlindungan dan pemajuan
HAM sesuai dengan konsep dan nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
(Ranah Kognitif , C4)
3.2 Menelaah
kerangka umum dan isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
(Ranah Kognitif ,
C4)
3.3 Menganalisis
bentuk dan kedaulatan negara dan pelaksanaan pemilu yang temuat dalam isi
pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
(Ranah Kognitif ,
C4)
3.4 Menganalisis
hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD
Negara Republik.
(Ranah Kognitif , C4)
3.5 Menganalisis sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
(Ranah Kognitif ,
C4)
3.6 Menganalisis
indikator ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam membangun
integritasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
(Ranah Kognitif ,
C4)
3.7 Menganalisis pentingnya
kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dilihat dari konteks sejarah dan
geopolitik Indonesia.
(Ranah Kognitif ,
C4)
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kata Kerja:
§ Mengolah => ( Ranah Kognitif , C6)
§ Menalar => ( Ranah Kognitif , C4)
§ Menyaji => ( Ranah Psikomotor ,
P3)
|
4.1 Mengumpulkan
dan mengolah
informasi sebagai sumber data terkait peran pemerintah dan masyarakat
dalam perlindungan dan pemajuan HAM di Indonesia sesuai dengan konsep dan
nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Mengumpulkan
(Ranah Kognitif , C6)
, Mengolah
( Ranah Kognitif ,
C6)
4.2 Mengolah
informasi factual dan konseptual terkait berbagai kasus penyimpangan terhadap
pasal-pasal UUD 1945 dari masa ke masa.
(Ranah Kognitif ,
C6)
4.3 Mengolah
informasi kompleksitas sistem kekuasaan negara tentang bentuk dan kedaulatan
negara dan pelaksanaan pemilu yang terkandung dalam isi pokok UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
(Ranah Kognitif ,
C6)
4.4 Menyajikan
dan menggunakan berbagai ilustrasi tentang semangat kebangsaan, nasionalisme,
dan patriotism dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
( Ranah Psikomotor , P3)
4.5 Menyajikan
makalah tentang sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
(Ranah Psikomotor , P3)
4.6 Mengamati
dan bersiap diri dalam mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan, dan
gangguan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika.
(Ranah Kognitif , C1)
4.7 Menyajikan
hasil kajian tentang perilaku kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen
terhadap NKRI.
(Ranah Psikomotor , P3)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar