Rabu, 15 Oktober 2014

Analisis KI dan KD Tugas Kurikulum PPKn



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) / MADRASAH ALIYAH (MA)

Diajukan dalam rangka memenuhi Tugas individu Mata Kuliah Kurikulum PKn




Oleh :

Nama  : Sukmawati Samudra
NPM   : 12210055
Kelas   : 2A


FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
PRODI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2014





KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) / MADRASAH ALIYAH (MA)

KELAS: X
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

   Kata Kerja:
§  Menghayati => Ranah Kognitif
( Memahami / Remember , C2 )

§  Mengamalkan => Ranah Kognitif
( Mengaplikasikan / Apply , C3 )
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat. (Ranah Kognitif , C2)

1.2 Menghayati isi dan makna pasal 28e dan 29 ayat (2) UUD 1945.
      (Ranah Kognitif , C2)

1.3 Menghargai sikap toleransi antar umat beragama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (Ranah Afektif , A3)

1.4 Mengharagai kerukunan hidup antar umat beragama dan kepercayaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
      (Ranah Afektif , A3)


2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, respontif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial  dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

   Kata Kerja:
§  Menghayati => Ranah Kognitif
( Memahami / Remember , C2 )

§  Mengamalkan => Ranah Kognitif
( Mengaplikasikan / Apply , C3 )

2.1  Menunjukkan penghayatan terhadap nilai-nilai pancasila  sebagai pandangan hidup dalam kehidupan bemasyarakat dan berbangsa.
(Ranah Psikomotor , P3)

2.2  Menunjukkan penghayatan terhadap nilai dan norma yang terkandung dalam pasal-pasal UUD 1945 dalam berbagai aspek kehidupan (ipoleksosbudhankam).
     (Ranah Psikomotor , P3)

2.3  Menghargai nilai dan moral yang terkandung dalam alenia ke-empat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
     (Ranah Afektif , A3)

2.4  Menunjukkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia.
     ( Ranah Psikomotor , P3 )

2.5  Menghargai nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks NKRI Indonesia.
     ( Ranah Afektif , A3 )


3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

   Kata Kerja:
§  Memahami => ( Ranah Kognitif , C2 )
§  Menerapkan => ( Ranah Psikomotor ,            P2 )
§  Menganalisis => ( Ranah Kognitif , C4)

3.1 Menganalisis perkembangan kasus-kasus perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan konsep dan nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
    (Ranah Kognitif , C4)

3.2  Menelaah kerangka umum dan isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
     (Ranah Kognitif , C4)

3.3  Menganalisis bentuk dan kedaulatan negara dan pelaksanaan pemilu yang temuat dalam isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
     (Ranah Kognitif , C4)

3.4  Menganalisis hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik.
(Ranah Kognitif , C4)

3.5  Menganalisis sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia.
     (Ranah Kognitif , C4)

3.6  Menganalisis indikator ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam membangun integritasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
     (Ranah Kognitif , C4)
3.7  Menganalisis pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara kesatuan dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia.
     (Ranah Kognitif , C4)


4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

   Kata Kerja:
§  Mengolah => ( Ranah Kognitif , C6)
§  Menalar => ( Ranah Kognitif , C4)
§  Menyaji => ( Ranah Psikomotor , P3)

4.1  Mengumpulkan dan mengolah informasi sebagai sumber data terkait peran pemerintah dan masyarakat dalam perlindungan dan pemajuan HAM di Indonesia sesuai dengan konsep dan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Mengumpulkan (Ranah Kognitif , C6) , Mengolah ( Ranah Kognitif , C6)

4.2  Mengolah informasi factual dan konseptual terkait berbagai kasus penyimpangan terhadap pasal-pasal UUD 1945 dari masa ke masa.
     (Ranah Kognitif , C6)

4.3  Mengolah informasi kompleksitas sistem kekuasaan negara tentang bentuk dan kedaulatan negara dan pelaksanaan pemilu yang terkandung dalam isi pokok UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
     (Ranah Kognitif , C6)

4.4  Menyajikan dan menggunakan berbagai ilustrasi tentang semangat kebangsaan, nasionalisme, dan patriotism dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
( Ranah Psikomotor , P3)

4.5  Menyajikan makalah tentang sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia.
(Ranah Psikomotor , P3)

4.6  Mengamati dan bersiap diri dalam mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
(Ranah Kognitif , C1)

4.7  Menyajikan hasil kajian tentang perilaku kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap NKRI.
(Ranah Psikomotor , P3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar